Alat Olahraga di Rumah yang Bantu Anda Dapatkan Tubuh Bugar

berbagai macam alat olahraga di rumah
Alat Olahraga di Rumah

Tentunya, ada banyak langkah yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan juga bentuk tubuh ideal. Anda  tidak harus pergi ke dokter dan melakukan sedot lemak sebagai cara instannya. Cukup gunakan langkah sederhana dengan rutin melakukan olahraga.  Tidak harus pergi ke gym dan melakukan fitness, Anda  dapat menggunakan alat olahraga di rumah.

Ada berbagai macam rekomendasi alat olahraga yang perlu Anda  miliki karena mempunyai manfaat yang berbeda satu dengan lainnya.  Pastinya, lebih fleksibel untuk olahraga di rumah. Anda  bisa olahraga kapan saja dan tidak terikat dengan waktu atau juga perjalanan untuk olahraga.  Lagipula, sudah ada banyak orang yang melakukan olahraga di rumah juga.

Pilihan Alat Olahraga di Rumah

Mungkin Anda  sering melihat orang yang olahraga di rumah dengan memanfaatkan matras saja. Sama halnya dengan yoga atau sit up yang dapat dilakukan di rumah. Tentunya, ada banyak variasi gerakan lain yang dapat Anda  lakukan juga. Cukup beli berbagai macam alat yang akan membantu kenyamanan dalam olahraga di rumah. Berikut ini beberapa pilihan alat yang tepat untuk dibeli:

  1. Resistance band

Pilihan mudah yang dapat Anda  manfaatkan jauh lebih dulu adalah resistance band.  Alat ini merupakan seutas tali karet elastis yang digunakan untuk melatih kekuatan pada otot.  Selain itu, alat juga dapat membantu dalam meningkatkan ketahanan otot. Untuk tingkat elastisitas dari alat ini juga cukup bermacam-macam. Ada elastisitas dari tingkat rendah hingga ke tinggi sesuai keinginan.

Resistance band
Contoh Resistance band

Jika Anda  memilih yang tingkat elastisitasnya rendah, Anda  juga akan kesulitan untuk membentangkan tali tersebut. Hal ini membuat otot harus bekerja keras untuk melawan tali tersebut. Untuk Anda  yang masih pemula dalam dunia olahraga seperti ini, ada baiknya untuk membeli yang tingkat elastisitasnya cukup tinggi. Dengan begitu, lebih mudah beradaptasi.

Untuk bentuk dari alat olahraga di rumah ini juga cukup banyak. Ada yang benar-benar hanya terlihat seperti seutas tali saja.  Ada beberapa yang memberikan kemudahan kepada penggunanya dengan kehadiran pegangan di kedua ujungnya. Hal ini lebih memudahkan untuk Anda  ketika harus memantulkan tali juga. Bahkan, ada yang bentuknya seperti lingkaran dalam pemakaian.

Jika Anda  ingin tahu cara pemakaian, seutas tali karet ini mempunyai banyak manfaat. Karena itu, dikenal sebagai alat yang cukup menguntungkan. Anda  dapat memakai cara mudah untuk olahraga menggunakan alat ini. Cukup manfaatkan cara sederhana dengan menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan. Anda  juga dapat menginjak satu ujung tali dan menarik ujung lainnya setinggi mungkin.

Bahkan, ada banyak orang yang melakukan squat rutin dengan menggunakan bantuan alat ini juga. Anda  dapat menggunakan tali karet ini dan melakukan pengulangan sebanyak 3 set latihan. Untuk hitungan squat yang dapat dilakukan, sesuaikan saja dengan kemampuan. Secara umum, orang akan melakukan 8 hingga 25 kali per setiap set latihan.

  1. Tali skipping

Rekomendasi alat olahraga lainnya yang dimanfaatkan segala macam usia adalah lompat tali.  Alat yang satu ini banyak digunakan untuk olahraga rumahan yang murah meriah.  Tentunya, tali skipping ini dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung dan paru. Selain itu, dapat membantu dalam melatih kekuatan otot kaki.  Bahkan, banyak digunakan dalam alternatif olahraga kardio.

tali skipping
Contoh Tali Skipping

Anda  dapat membakar lemak dengan menggunakan alat yang satu ini saja. Untuk olahraga awal yang belum biasa Anda  lakukan, coba lakukan sedikit lompatan saja. Walaupun sedikit, keesokan harinya, kaki Anda  akan sakit. Karena itu, jangan lakukan terlalu banyak jika belum biasa banyak bergerak. Lakukan lompatan selama 30 detik. Biasanya, 30 detik itu sudah 50 kali lompatan, ya.

Untuk lompatan ini, Anda  dapat mengulangi latihan dalam 3 atau juga 4 set.  Selalu berikan jeda istirahat 1 menit agar tidak kelelahan. Jika sudah, Anda  harus meningkatkan durasi lompat tali dari hari ke hari. Tentunya, tidak harus langsung naik banyak juga. Selain meningkatkan durasi, Anda  juga bisa meningkatkan banyaknya lompatan tali yang dapat dicapai untuk mempercepat pengurusan.

Dalam melakukan lompat tali, ada trik yang biasanya orang manfaatkan juga. Anda  dapat lompat tali 3 atau 4 kali dalam seminggu. Namun, pastikan untuk melakukan lompat tali secara tidak berurutan. Misalnya, mengosongkan satu hari setelah lompat tali.  Jadi, tidak terlalu memaksa otot untuk bergerak secara terus menerus.  Hasilnya tetap akan terlihat walaupun bergerak pelan.

  1. Foam roller

Alat olahraga di rumah lainnya yang dapat Anda  manfaatkan adalah Foam Roller. Tentunya, gulungan busa empuk ini dapat Anda  manfaatkan dengan baik untuk melemaskan otot. Biasanya, ada banyak orang yang merasa ototnya kaku dan juga kencang jika baru selesai berolahraga. Tenang saja, Anda  dapat menggunakan foam roller untuk mendapatkan kenyamanan dalam olahraga.

foam roller untuk fitness di rumah
Contoh Foam Roller

Anda  juga dapat memakai foam roller sebelum mulai berolahraga. Langkah ini dapat membantu Anda  untuk menghindari cedera ketika olahraga. Beberapa orang juga menggunakan busa empuk ini untuk membantu olahraga ketika yoga. Jika digunakan untuk kepentingan yoga, alat akan membantu untuk mempertahankan dan menguatkan keseimbangan tubuh kamu. 

Ada manfaat pertama dari foam roller yang menarik perhatian orang juga.  Hal ini dikarenakan busa ini dapat membantu untuk menghilangkan selulit yang ada pada tubuh. Apalagi untuk para wanita. Karena itu, foam roller sangat laris di kalangan wanita. Alat ini juga membantu ketika melakukan gerakan pemanasan sebelum fitness

  1. Matras Yoga

Tentunya, kurang lengkap jika Anda  tidak mempunyai matras yoga.  Alat yang satu ini masuk sebagai rekomendasi alat olahraga  karena kualitasnya memuaskan. Untuk Anda  yang rajin yoga dan juga meditasi, adanya matras ini sangat penting.  Tentunya, alat ini juga bermanfaat ketika melakukan berbagai macam gerakan senam lantai. Jadi, tidak hanya untuk kepentingan yoga saja.

matras yoga murah
Contoh Matras Yoga

Anda  dapat menggunakan matras untuk plank kemudian push up dan juga sit up. Matras ini dapat digunakan untuk menjaga pijakan Anda  sehingga tetap kuat.  Matras juga akan membantu Anda  untuk memberikan perlindungan pada tubuh. Jadi, ketika Anda  jatuh tergelincir ketika melakukan gerakan olahraga tertentu, benturan tidak akan sakit, lho!  Hadirnya matras memang memberikan kemudahan untuk olahraga dalam waktu lama juga.

  1. Dumbbell

Untuk orang yang sudah sering fitness, alat ini pastinya sudah tidak asing di telinga Anda  lagi. Dumbbell sendiri merupakan versi mini dari berbagai macam alat angkat beban yang ada di tempat gym. Bobot untuk dumbell sendiri cukup banyak. Anda  dapat melengkapi semua seri jika memang ingin alat olahraga yang lengkap. Namun, ada baiknya untuk membeli sesuai dengan kebutuhan.

dumbbell untuk fitness dirumah
Contoh Dumbbell

Biasanya, orang akan membeli dari 0,5 hingga 3 kg untuk pemakaian olahraga harian. Anda  tidak harus membeli yang beratnya mencapai 10 kg.  Orang yang baru mulai melakukan latihan akan berbagai macam gerakan fitness akan menggunakan alat ini untuk kepentingan latihan. Anda  dapat membentuk otot lengan dan juga bahu dengan memanfaatkan alat yang satu ini. 

Tidak hanya itu saja, Anda  juga dapat menggunakan alat dengan mudah dalam kepentingan melakukan variasi untuk berbagai macam gerakan yang ada. Misalnya, mengangkat beban sambil sit up.  Anda  juga dapat menggunakan alat untuk variasi squat hingga ke bench press.  Pemilihan untuk variasi gerakan dan beban alat dapat disesuaikan kenyamanan sendiri.

  1. Kettlebell

Alat olahraga di rumah lainnya yang berhasil menarik perhatian banyak orang adalah Kettlebell.  Tidak jauh berbeda dengan alat sebelumnya, Anda  dapat menggunakan alat ini dalam kepentingan latihan angkat beban. Walaupun terlihat kecil, alat yang satu ini sebenarnya cukup berat.  Bentuknya sendiri seperti sebuah bola dan kemudian ada pegangan di bagian atasnya.

kettlebell untuk olahraga di rumah
Contoh Kettlebell

Untuk cara pemakaian kettlebell juga cukup sederhana. Anda  dapat menggunakan langkah mudah dengan mengangkat atau cukup mengayunkan alat saja. Ada beberapa pilihan beban menyesuaikan dengan kemampuan Anda  juga. Anda  dapat memilih yang paling ringan yaitu 8 kg.  Untuk maksimal berat yang disediakan adalah 20 kg.  Jika ingin, Anda  dapat membeli yang kecil dan naik bertahap nantinya.

Alat ini banyak dimanfaatkan dalam kepentingan melatih dan menguatkan otot tubuh bagian atas.  Begitu juga halnya dengan bagian otot inti. Walaupun cukup berat, orang yang sudah biasa melakukan olahraga lebih memilih untuk melakukan modifikasi gerakan dengan alat. Anda  juga dapat menggunakan alat ini untuk menguatkan bagian bawah tubuh seperti paha dan betis.

  1. Bola Fitness

Rekomendasi alat olahraga yang perlu Anda  miliki adalah bola fitness.  Alat yang jauh lebih dikenal dengan nama gym ball ini memang mempunyai manfaat  yang baik. Jadi, wajar jika dimiliki semua orang. Alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk semua usia dan keadaan. Bahkan, banyak ibu hamil yang melakukan olahraga dengan alat ini. Jadi, wajar jika disebut sebagai alat yang aman.

bola fitness untuk olahraga di rumah
Contoh Bola Fitness dan Caranya

Bola fitness ini memang membantu untuk meningkatkan kesehatan orang. Banyak yang menganggap kalau alat ini umumnya baik latihan kardio kemudian kekuatan. Selain itu, Anda  juga dapat memanfaatkan alat ini untuk kepentingan menjaga keseimbangan.  Alat ini juga dapat membantu Anda  dalam membentuk postur tubuh dan kelenturan sesuai dengan keinginan.

Ada beberapa gerakan yang dapat Anda  lakukan dan dikombinasikan dengan adanya bola fitness. Beberapa gerakan tersebut adalah plank kemudian push up.  Anda  juga dapat melakukan ball crunch dengan memanfaatkan bola.  Jadi, kehadiran bola ini memang membantu Anda  dalam olahraga dan mendapatkan tubuh yang sehat juga bagus.

  1. Pull bar

Alat olahraga di rumah lainnya yang dapat Anda  manfaatkan adalah Pull Bar. Alat ini sekarang tersedia dalam bentuk portable.  Dengan begitu, Anda  bisa melakukan pull up di rumah.  Jadi, lebih mudah dan efisien. Anda  sudah tidak usah pergi ke tempat gym untuk pull up.  Alat fitness yang satu ini cukup sederhana dan dapat digunakan dengan mudah. Anda  hanya perlu memasang alat ke pintu atau dinding rumah. Pastikan daya cengkram kuat untuk menahan tubuh ketika pull up. 

pull bar praktis digunakan di rumah
Contoh Pull Bar yang dijual di Online Shop

Secara umum, alat olahraga yang satu ini merupakan palang tunggal yang menggunakan material besi baja yang kuat. Dengan memanfaatkan alat yang satu ini, Anda  pastinya akan merasa lebih nyaman ketika latihan. Selain itu, untuk bagian pegangannya sendiri menggunakan bahan busa atau foam.  Jadi, tangan Anda  tidak akan terluka ketika latihan. Tentunya, alat juga tidak licin ketika Anda  genggam.

  1. Slider disc

Pilihan lainnya yang dapat Anda  manfaatkan dengan mudah dalam rekomendasi alat olahraga adalah slider disc. Alat bantu yang satu ini mempunyai bentuk pipih yang akan memudahkan dalam penyimpanan. Anda  juga dapat membawa alat kemana saja karena tidak memakan tempat. Bahkan, dapat dimasukkan ke dalam tas kecil sekalipun. Fungsi dari alat olahraga ini juga cukup beragam.

slider disc untuk olahraga di rumah
Contoh Slider Disc

Alat bantu olahraga ini mempunyai fungsi untuk membantu melancarkan gerak tubuh ketika Anda  melakukan olahraga kalistenik. Biasanya, banyak orang yang melakukan mountain climber untuk menjadi lebih kurus. Sayangnya, banyak yang malah cedera karena lantai latihan yang licin. Jadi, untuk melakukan lunges atau juga mountain climber, alat yang satu ini sangat membantu.

Tentunya, bentuk pipih dan bulat dari alat ini akan membantu dalam melancarkan gerak tubuh di permukaan datar. Alat ini akan membantu baik di lantai atau juga karpet. Bahkan, banyak digunakan di hardwood. Dengan begitu, Anda  tidak usah khawatir ketika memulai latihan. Gesekan antar tubuh dengan permukaan dapat dikurangi dengan bantuan dari alat.

  1. Ab wheel

Alat olahraga di rumah lainnya yang dapat Anda  manfaatkan adalah AB wheel.  Tentunya, alat yang satu ini mempunyai bentuk berupa roda berputar dengan kedua pegangan juga. Di setiap sisi yang ada sudah ada pegangan. Jadi, peralatan ini memang biasa digunakan untuk latihan ab wheel rollout. Anda  dapat melatih otot punggung kemudian otot bahu.

ab wheel
Contoh Ab Wheel dan Penggunaannya

Selain itu, alat ini juga membantu dalam otot inti tubuh. Untuk cara pemakaiannya, Anda  dapat menggunakannya dalam keadaan maju mundur. Posisi latihan ini agak sulit karena Anda  harus tengkurap.  Anda  harus memposisikan tubuh setengah plank dan menumpu pada lutut. Anda  dapat memegang ab wheel dengan memastikan kalau kondisi punggung dan lengan Anda  lurus.

  1. Sepeda statis

Anda  juga dapat menggunakan langkah mudah dengan membeli sepeda statis.  Alat olahraga di rumah ini memang laris di pasaran karena mempunyai banyak manfaat. Selain itu, dapat digunakan oleh orang tua juga. Tentunya, memang jauh berbeda dengan sepeda biasanya yang ada di jalanan. Sepeda ini berfungsi untuk olahraga dan cara menjaganya persis seperti sepeda.

sepeda statis
Contoh Sepeda Statis Merk Speeds

Namun, sepeda tidak akan berjalan ke depan dan hanya mengayuh di tempat saja. Hal ini memang diperlukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Bahkan, sepeda statis juga dapat membantu dalam penurunan berat badan.  Berdasarkan penelitian dari Harvard Health, Anda  dapat bersepeda statis selama 30 menit untuk membakar 252 kalori.

Tentunya, sepeda statis ini jauh lebih nyaman karena dapat Anda  manfaatkan di dalam rumah. Bahkan, dapat sambil bermain HP atau menonton televisi.  Anda  juga dapat sambil mendengarkan musik. Tidak usah khawatir akan masalah sinar matahari atau kondisi luar yang tidak kondusif. Anda  dapat menggunakan pakaian olahraga agar tidak kepanasan. 

Demikian informasi berkaitan dengan alat olahraga di rumah yang dapat dimanfaatkan dengan mudah. Anda  dapat melakukan pemilihan sendiri untuk alat yang ingin digunakan. Jadi, tidak usah khawatir akan kenyamanan dari olahraga.