• Jam Buka Toko: Buka Setiap Hari Kecuali Minggu & Hari Libur
  • Status Order
  • Tlp: NO CALL
  • SMS/WA: +6281280777722
  • Line : dewafitnes
  • BBM : D39C0E63
  • dewafitnes@gmail.com
Terpopuler:

3 Perbedaan Whey dan Gainer, Suplemen Protein Penambah Massa Otot

16 March 2017 - Kategori Blog

3 Perbedaan Whey dan Gainer, Suplemen Protein Penambah Massa Otot

Memiliki tubuh yang sehat dan berotot memang menjadi dambaan setiap laki-laki, bahkan dewasa ini beberapa perempuan juga tertarik untuk menambah massa ototnya. Untuk mewujudkan impian tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari fitness hingga meminum suplemen hingga protein seperti whey dan mass gainer. Sayangnya, masih banyak orang tidak mengerti perbedaan whey dan gainer sehingga penggunaannya terkadang tidak disesuaikan dengan kebutuhan, padahal keduanya memiliki kegunaan yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, di bawah ini akan diuraikan beberapa perbedaan antara whey dan gainer.

3 Hal yang Menjadi Pembeda antara Whey dan Gainer

  1. Fungsi atau kegunaannya

Baik whey dan gainer memang sama-sama berguna untuk pembentukan otot, namun keduanya tetap memiliki fungsi yang sedikit berlainan. Perbedaan whey dan gainer menurut fungsinya memang sangat mempengaruhi pembentukan otot tersebut. Jika Anda termasuk orang yang sulit untuk meningkatkan berat badan atau sering disebut juga dengan hardgainer, maka protein yang tepat untuk dikonsumsi adalah mass gainer, sedangkan untuk Anda yang memiliki kelebihan berat badan, whey protein jauh lebih cocok untuk Anda. Perbedaan tersebut didasari karena gainer mengandung lebih banyak kalori, lemak, dan karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan dengan whey protein, sehingga akan lebih cepat meningkatkan berat badan.

  1. Kandungan yang ada di dalamnya

Perbedaan whey dan gainer selanjutnya adalah kandungan yang ada di dalamnya. Meskipun sama-sama protein, kandungan yang ada di dalam whey protein dan mass atau weight gainer tidak seluruhnya sama. Pada whey protein, jumlah proteinnya jauh lebih banyak sedangkan lemak dan karbohidratnya lebih sedikit. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan mass gainer yang justru mengandung karbohidrat yang lebih kompleks. Meskipun tetap mengandung protein, namun gainer juga mengandung kalori, karbohidrat, dan lemak sehingga energi yang dihasilkan lebih banyak dan massa otot pun akan semakin cepat bertambah jika diikuti dengan olahraga yang teratur pula.

  1. Manfaat

Meskipun pada uraian fungsi atau kegunaan telah disinggung sedikit mengenai perbedaan whey dan gainer yang menjelaskan untuk siapa kedua jenis suplemen tersebut lebih cocok dikonsumsi, pada poin pembeda terakhir ini akan lebih dijelaskan tentang manfaat antara whey dan gainer. Di luar manfaat utamanya sebagai pembentukan massa otot, whey protein juga bermanfaat dalam meningkatkan maupun memperbaiki sistem metabolisme tubuh, menghasilkan kualitas otot yang lebih baik, mempercepat proses meningkatnya massa otot yang rendah lemak, dan sangat efektif juga untuk proses pemulihan otot. Sedangkan manfaat gainer tentu untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, kalori sekaligus protein tubuh, meningkatkan berat badan agar lebih ideal dan atletis. Weight gainer juga termasuk sumber energi terbaik karena kandungannya yang kompleks.

Mengonsumsi suplemen berupa tambahan protein seperti whey dan gainer di samping olahraga fitness secara teratur memang penting agar penambahan massa otot dan pembentukan tubuh atletis lebih cepat. Namun, jika Anda hanya mengonsumsi suplemen protein tersebut tetapi tidak melakukan olahraga, hal itu akan sangat sia-sia dan akan membuat berat badan Anda naik tanpa perubahan massa otot karena energi yang masuk lebih besar daripada energi yang dikeluarkan.

Meskipun ada perbedaan whey dan gainer, sebenarnya dua suplemen tersebut tetap memiliki fungsi dan manfaat utama yang tidak berbeda yaitu untuk meningkatkan massa otot. Akan tetapi perlu diingat bahwa mengonsumsi suplemen secara berlebihan juga akan memberikan dampak yang tidak baik, jadi selain harus diiringi dengan olahraga, kebutuhan konsumsinya pun harus tetap diatur dengan benar.

BACA JUGA: Suplemen Penambah Berat Badan Venum Mass